Hardiknas

          2 Mei merupakan tanggal yang ditetapkan pemerintah untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Di tanggal tersebut telah lahir seorang pahlawan dalam dunia pendidikan, yaitu Ki Hajar Dewantara. Beliau adalah pendiri Sekolah Taman Siswa  yang memiliki tujuan memberikan kesempatan semua kalangan masyarakat untuk memperoleh hak pendidikan.

          Semboyan clogoiptaan Ki Hajar Dewantara yang terkenal dalam dunia pendidikan adalah Tut Wuri Handayani. Semboyan berbahasa Jawa ini secara lengkap berbunyi Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani (Di depan memberi contoh, Di tengah memberi semangat, Di belakang memberi dorongan). Maksud artian dari semboyan tersebut adalah "Seorang Guru di depan adalah sebagai contoh atau panutan", "Guru di tengah sebagai pelopor mencetuskan ide kepada murid-muridnya", "Guru di belakang berupaya penuh memberikan dorongan dan arahan kepada muridnya". (sumber)

          Dengan adanya peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), kita semua berharap pendidikan di Indonesia akan terus maju dan berkembang ke arah yang lebih baik. Mengembangkan pendidikan bukan hanya tugas sekolah dan pemerintah, tapi juga tanggung jawab semua masyarakat. Jadi mari kita bersama berupaya mendidik anak Indonesia dengan baik, agar mereka tidak hanya berprestasi cemerlang tapi juga memiliki karakter dan budi pekerti yang baik.

Ki Hajar Dewantara

 

( Sumber Foto )